Selasa, 05 Januari 2010

BANGUNAN UNIK

GEDUNG BERBENTUK TANAMAN KAKTUS RAKSASA


Diilhami oleh tanaman kaktus, team desainer dan arsitek dari perusahaan arsitek ”Aesthetics Architec” di Bangkok, telah membuat desain gedung berbentuk tanaman kaktus raksasa yang akan dibangun di negara Qatar. Rencananya gedung unik ini akan menjadi gedung perkantoran bagi “Departemen Dalam Negeri dan Pertanian” “Ministery of Municipal Affairs & Agriculture” pemerintah Qatar.

-

Bangunan ini memang cocok untuk kondisi negara Qatar yang udaranya panas serta daratannya berpadang pasir, ibarat pohon kaktus yang bisa bertahan hidup di tanah tandus atau padang pasir. Gedung unik ini dirancang teduh secara alami di dalamnya, karena dilengkapi dengan alat penahan panas sinar matahari yang akan terbuka dan tertutup secara otomatis, merespon panasnya matahari, ibarat pori-pori kaktus. Jika sinar matahari terlalu panas dia akan menutup untuk manahan panasnya sinar matahari, begitu pula sebaliknya.


PRINSIP DESAIN

Keseimbangan: simetris.

Irama: statis. karena ini gedung perkantoran yang cenderung ke arah formal

Vocal point: di kesuluruhan bangunan tersebut

Skala: monumental

Proporsi: sudah cukup proporsi dengan lahannya


GEDUNG UNIK YANG MENYERUPAI BARCODE

Di Russia, terdapat sebuah gedung yang menyerupai barcode. Barcode adalah kode bar (garis) yang terdapat pada barang, sehingga barang tersebut dapat di identifikasi jenisnya.


Barcode, biasa dimanfaatkan oleh Supermarket dan swalayan untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi.

Gedung di Russia ini pun demikian. Bentuknya kotak tiga dimnensi dengan garis garis merah dan juga nomor berwarna hitam di bagian atas.

Gedung yang terletak di St. Petersburg ini difungsikan sebagai kantor.

PRINSIP DESAIN

Keseimbangan: simetris.

Irama: statis. karena gedung ini perkantoran yang bersifat formal

Vocal Point: pada bagian-bagian yang menyerupai barcode

Skala: monumental

Proporsi: sudah cukup proporsi dengan lahan


RUMAH BERDANSA




The Dancing House (Rumah Berdansa) merupakan sebutan untuk bangunan kantor yang terletak di kota Prague, Republik Ceko. Didesain oleh arsitek kelahiran Kroasia, Vlado Milunic bekerja sama dengan arsitek dari Kanada Frank Gehry. Pembagunan gedung dimulai pada tahun 1994 dan baru selesai pada tahun 1996.

Desain gedung yang futuristik ini diharapkan bisa menjadi salah satu pusat kebudayaan di negara itu. Aslinya bernama ‘Fred and Ginger’ , dan berada di antara gedung Neo-Baroque, Neo-Gothic dan Art Nouveau yang sangat terkenal di Prague.

Di atap gedung terdapat restoran perancis. Beberapa waktu gedung ini digunakan untuk tempat perkantoran, bukan sebagai pusat kebudayaan seperti yang telah direncanakan sebelumnya, karena letaknya yang strategis untuk dunia bisnis.

PRINSIP DESAIN
Keseimbangan: asimetris
Irama: dinamis. karena di bagian gedung yang bagian kaca-kacanya seolah-olah bergerak seperti menari
Vocal point: bangunan yang bagian kaca-kacanya. seolah- bergerak spereti penari
Skala: monumental
Proporsi: sudah proposi dengan keadaan sekitarnya