Sementara arsitektur Arab, di Syria dan Mesir sama-sama, memiliki lebih dekoratif dari konstruktif orisinalitas, bentuk-bentuk yang indah dengan kubah-kubah, pendentives, dan menara, keagungan sederhana menunjuk besar tong-kubah dari masjid Hassan dan monumen yang serupa, dan anggun garis-garis lengkung menunjuk universal digunakan, membuktikan Koptik pembangun dan penerus mereka kemudian Arab telah arsitek kemampuan besar. Kubah bahasa Arab, seperti yang terlihat baik di masjid-masjid dan di kelompok yang luar biasa dari kuburan biasanya disebut "kuburan dari Khalifs," adalah khas bukan hanya dalam garis besar dan mereka menunjuk eksternal kaya hiasan motif geometris interlaced, tapi masih lebih eksternal internal dan perlakuan pendentives, indah dihiasi dengan ornamen stalaktit. Ornamen ini, diturunkan, tampaknya, dari kombinasi menit corbels dengan deretan celah kecil, dan mungkin berasal dari Persia, akhirnya dikembangkan menjadi sistem kerumitan luar biasa, yang berlaku sama dengan topping dari ceruk atau panel, seperti dalam besar pintu dari masjid, dan ke menara mengurung keluar dari galeri. Penerapannya membingungkan menunjukkan berbagai bentuk dan bakat yang luar biasa untuk desain geometris yang rumit.
DECORATION
Geometri, memang, bersaing dengan kasih warna dalam bahasa Arab berpegang pada rasa. Langit-langit-balok-balok yang diukir sangat hias bentuk sebelum menerima mereka yang kaya-hiasan warna merah, hijau, biru, dan emas. Pintu dan mimber dibingkai dalam pola-pola geometris dengan berpotongan ramping bar membentuk bintang-panel rumit. Voussoirs lengkungan yang dipotong menjadi saling ingin tahu bentuk-bentuk pintu dan niche yang capped dengan stalaktit corbelling, dan trotoar dan dinding-incrustations, baik atau ubin marmer, kombinasi kecerdasan dan harmoni warna dengan keindahan membingungkan interlaced dan bintang-pola poligon dari kerumitan luar biasa. Kaca patri ditambahkan ke pedalaman-efek warna, pola-pola yang berlubang di plester, dengan sedikit kaca berwarna ditetapkan ke setiap perforasi - sebuah perangkat tidak terlalu tahan lama, mungkin, tapi luar biasa dekoratif.
KARYA LAIN
Hanya sedikit dari istana Arab Abad Pertengahan tetap dengan waktu kita. Bahwa mereka dihiasi dengan pemborosan luar biasa muncul dari rekening kontemporer. Kemegahan ini adalah internal daripada eksternal; istana, seperti semua yang lebih besar dan lebih kaya tempat tinggal di Timur, dikelilingi satu atau lebih pengadilan, dan disajikan secara eksternal dinding yang hampir tak terputus. Air mancur di kepala pengadilan, Diwan (yang besar, melompat-ruang resepsi pembukaan pada pengadilan dan mengangkat sedikit di atas itu), Dar, atau laki-laki pengadilan, kaku dipisahkan dari hareem untuk perempuan, dan unsur-unsur universal kediaman besar ini. Kota yang lebih umum menunjukkan rumah-rumah sebagai fitur yang paling menonjol berturut-turut corbelled-out cerita dan atap kayu lebar dengan layar kisi-tunggal meliputi jendela, atau hampir seluruh façade, yang terdiri dari gelendong kerja (mousharabiyé), dalam desain yang sangat indah.
Air mancur, gerbang, dan minor karya orang-orang Arab yang sama menampilkan keindahan dalam dekorasi dan warna, bentuk-bentuk umum yang sama dan detail yang menjadi ciri karya-karya yang lebih besar, tetapi tidak mungkin di sini untuk meneliti lebih lanjut berkenaan dengan mereka.
MORESQUE
Tempat lain di Afrika Utara Arab karya-karya penting yang dihasilkan dalam waktu kurang kelimpahan daripada di Mesir, dan ini tidak begitu baik terpelihara dan tidak begitu dikenal. Desain konstruktif akan muncul telah ada bahkan lebih sepenuhnya tunduk pada dekorasi; ubin dan plester-lega mengambil tempat lebih banyak elemen arsitektur dan bahan-bahan, sedangkan tapal kuda dan cusped lengkungan yang menggantikan arsitektur sederhana dan lebih menunjuk arch. Kubah tidak pernah mendapat kasih karunia di Afrika Utara, masjid besar dari Kairouan, Tlemcen, Sfax, dan aljazair menunjukkan rencana primitif Ibnu Touloun, dengan sesekali kubah-kubah kecil di pusat atau di ujungnya. Pengadilan istana dan bangunan-bangunan publik dikelilingi oleh lengkungan tapal kuda kisaran pada kolom ramping; yang terakhir ini disediakan dengan suatu bentuk ibukota jarang terlihat di Kairo. Patut dicatat bahwa dekorasi masjid dan istana ini kurang rumit dibandingkan dengan
Hispano-MORESQUE
Fase yang paling berhias cabang ini arsitektur arab tidak ditemukan di Afrika, tetapi di Spanyol, yang diserbu di 710-713 oleh orang Moor, yang didirikan di
Kekuasaan bangsa Moor di Spanyol ditandai dengan peradaban yang tinggi dan kegiatan luar biasa dalam membangun.
Selain itu tak terhitung masjid, istana, jembatan, saluran air, gerbang, dan air mancur, Moor didirikan beberapa monumen ukuran dan keindahan yang luar biasa. Khusus layak pemberitahuan di antara mereka adalah Masjid Agung di Kordoba, yang Alcazars dari Sevilla dan Malaga, yang Giralda di Seville, dan Alhambra di Granada.
Masjid di Kordoba, dimulai pada tahun 786 oleh 'Abd-er-Rahman, diperbesar di 876, dan lagi-lagi oleh El Mansour di 976, adalah luas aula beratap × 375 kaki sejauh 420 meter, tetapi hanya 30 kaki tinggi. Langit-langit kayu yang kaya terletak pada baris tujuh belas tiga puluh untuk thirty-tiga kolom masing-masing, dan dua baris berpotongan dermaga, semua membawa lengkungan tapal kuda dalam dua rentang superposed, sebagian besar dari orang-orang tentang tempat kudus yang cusped, yang lain biasa, kecuali untuk silih bergantinya warna di voussoirs. Mihrab niche yang sangat kaya dalam diukir incrustations teliti dan mosaik, dan sebuah kubah cerdik dibentuk dengan memotong tulang iga meliputi tempat kudus sebelum itu. Bentuk kubah ini sering terjadi di Spanyol.
Para Alcazars di Sevilla dan
The
Juga orang-orang Moor menyerbu Sisilia pada abad kesembilan, tapi sementara arsitektur mereka ada yang sangat mempengaruhi orang-orang Kristen yang, setelah sembuh Sisilia pada 1090, meniru gaya menaklukkan Islam, satu-satunya contoh dari arsitektur Moor asli cukup penting untuk mengklaim menyebutkan di begitu singkat pemberitahuan adalah dua bangunan yang disebut la la Ziza dan Kuba, istana kecil di Palermo Moor remodelled pada abad kedua belas oleh Norman penting.